UJIAN NASIONAL DIPASTIKAN TIDAK BOCOR, NAMUN SOAL UJIAN NASIONAL SUDAH BEREDAR

Published 23 Februari 2010 by NAILUL MUNA ZAHRA

Disdik pastikan soal UN tak bocor

SEKAYU – Proses persiapan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di tingkat Provinsi Jateng, saat ini telah sampai pada tahap pencarian perusahaan percetakan naskah soal UN.Untuk menentukan, Disdik menggunakan dua cara, yakni tender terbuka dan penunjukan langsung sesuai Prosedur Operasional Standar (POS) dari Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP).

Dalam POS tersebut juga disyaratkan, bahwa perusahaan percetakaan mesti mempunyai sistem secure printing yang kuat. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jateng, Drs Kunto Nugroho HP MSi, mengatakan bahwa, kemungkinan kebocoran soal yang akan terjadi sangat minim.

“Karena selain perusahaan yang dipilih harus menggunakan sistem keamanan yang canggih, pengawasan yang dilakukan pun sangat ketat,” kata Kunto, kemarin.

Selain ketat dalam percetakan, distribusi naskah soal juga dilakukan dengan pengamanan yang ketat. Distribusi dilakukan perusahaan pemenang tender dan dikirim ke masing- masing Dinas Pendidikan di Kabupaten/ kota di Jateng, dengan dikawal aparat kepolisian.

Kunto mengatakan, baik selama dalam percetakan atau pun saat pengiriman, pengawasan dilakukan secara ketat, tak ada siapapun yang diperkenankan untuk membuka.Bahkan, kata dia, Kepala Dinas Pendidikan pun diharamkan/dilarang untuk mengetahui atau membuka soal-soal ujian tersebut.

Tender

Menurut Kunto, proses pengawasan juga dilakukan pihak perguruan tinggi, yang melakukan pengawasan dan pengawalan mulai dari pengiriman master soal ke percetakan, hingga distribusi naskah ke satuan pendidikan penyelenggara UN.

Saat ini, kata Kunto, Disdik Provinsi masih melakukan tender untuk menentukan perusahaan yang layak menggandakan naskah UN. Proses tender hanya dilakukan untuk penggandaan naskah UN SMA dan sederjat saja, sementara untuk naskah UN SMP dan Ujian Akhir Sekolah Bertaraf Nasional (UASBN) SD/MI melalui penunjukkan langsung.

“Belum ada perusahaan yang ditetapkan untuk menggandakan naskah soal UN, karena saat ini masih dalam proses tender,” ujar Ketua Pelaksana UN Jateng, Drs Nurhadi Amiyanto.

Saat ini sekitar delapan perusahaan percetakan telah melakukan penawaran untuk menggandakan naskah soal UN di Jateng. Diperkirakan, penentuan perusahaan yang bakal menerima tender akan dilakukan pada tanggal 25 Februari mendatang.

Sementara itu BSNP memastikan, bahwa proses perakitan dan finalisasi master soal UN, baik tingkat SMP ataupun SMA, akan rampung dan didistribusikan ke setiap provinsi, sebulan sebelum UN utama dilangsungkan.

Sejak 13-15 Januari lalu, pihak BSNP telah melaksanakan analisis hasil uji coba soal, kemudian di telaah dan dilakukan perakitan soal. “Yang kita libatkan dalam proses penyusunan soal adalah dosen, guru mata pelajaran dan ahli penilaian. Setelah selesai dirakit baru disahkan BSNP sebagai soal UN untuk UN utama, susulan maupun ulangan,” kata anggota BSNP, Prof Mungin Eddy Wibowo, beberapa waktu lalu.

Setelah semua proses itu dilalui, soal akan dikirim ke tingkat provinsi dalam bentuk master copy. Pihaknya berharap sebulan sebelum UN dilangsungkan master soal itu telah terdistribusikan ke tingkat rovinsi untuk dicetak.

Mau tahu sebagian isi soal Ujian Nasional Matematika ? download aja dibawah ini.

http://www.ziddu.com/download/8704781/SoalUANUNSMPMatematika.zip.html

One comment on “UJIAN NASIONAL DIPASTIKAN TIDAK BOCOR, NAMUN SOAL UJIAN NASIONAL SUDAH BEREDAR

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: