Unik, Ada Gereja Islam di Hungaria

Published 3 Desember 2013 by NAILUL MUNA ZAHRA

Unik, Ada Gereja Islam di Hungaria

JANGAN berharap menemukan masjid ketika berkunjung ke negara Hungaria. Pasalnya, tidak ada data masjid sebagai tempat ibadah bagi Umat Muslim. Masjid disini dianggap sebagai gereja.

Meski di Hungaria ada dua masjid utama, tetapi bentuknya tidak megah seperti masjid di tempat lain. Disana hanya ada bendera nasional Hungaria dan Uni Eropa serta perempuan Muslim yang mengenakan jilbab, sebagai penanda bangunan tersebut adalah sebuah masjid yang dibangun pada tahun 2000.

Di dalam ruang utama yang bisa menampung puluhan jamaah terlihat rapi dengan dilengkapi karpet. Terdapat ruang khusus untuk perempuan yang letaknya di seberang lorong.

Sepanjang lorong menuju ke ruang utama dipenuhi dengan foto-foto. Di ruang utama, disediakan ruangan khusus bagi imam pertama yang memimpin masjid ini, seorang perwira militer Bosnia,  Zoltan Bolek yang juga menjabat Ketua komunitas tersebut.

Berbeda dengan masjid gereja Islam, masjid di sini telihat sangat sederhana dan tua. Bolek merasa nyaman tinggal sebagai Muslim di Budapest.

“Warga Hungaria adalah masyarakat yang toleran,” katanya.

Karena di negara ini sejak 1900 hukum yang berlaku adalah tempat ibadah bagi agama apapun disebut gereja. Walaupun ada empat masjid di seluruh wilayah Hungaria, namun yang terdaftar ada dua gereja Islam.

Pemimpin organisasi Muslim Hungaria, Szultan Sulok, berkantor di masjid ini. Ruangannya penuh dengan buku, catatan, dan kertas yang tak tersusun rapi.

“Kami baru saja pindah ke sini karena umat Muslim semakin meningkat,” ujarnya. – See more at: http://nusantara-mancanegara.pelitaonline.com/news/2013/12/03/unik-ada-gereja-islam-di-hungaria#.Up3r8NJkNw4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: